Header Ads

Shin Tae-yong Sudah Laksanakan Kewajiban, Kini Giliran PSSI dan Erick Thohir Wajib Penuhi Janji


LAGU303 - Timnas Indonesia U-23 membuat sejarah baru. Garuda Nusantara dipastikan lolos ke perempat final Piala Asia U-23 2024.

Kepastian itu didapatkan setelah wasit meniupkan peluit panjang di Abdullah bin Khalifa Stadium, Senin (22/4/2024) dini hari tadi. Timnas Indonesia U-23 keluar sebagai pemenang laga tersebut dengan skor akhir 1-4.

Tiga poin di laga ini membuat Timnas Indonesia U-23 finish sebagai runner up grup A. Alhasil Skuat Garuda berhak menemani Timnas Qatar U-23 untuk bermain di perempat final dari grup A.

Kemenangan ini tidak bisa dilepaskan dari Shin Tae-yong. Berkat tangan dingin pelatih asal Korea Selatan itu, Timnas Indonesia U-23 pertama kali lolos ke fase gugur turnamen ini.

Keberhasilan ini berarti tidak ada alasan lagi bagi PSSI untuk tidak menepati janji kepada Shin Tae-yong.


Kontrak Menipis

Seperti yang sudah diketahui, kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia sebenarnya sudah habis.

Kontrak sang pelatih bersama Timnas Indonesia selesai di Desember 2023 kemarin. Namun PSSI dan sang pelatih bersepakat untuk menambah durasi kontraknya hingga Juni 2024 mendatang.

Saat ini kontrak eks pelatih Timnas Korea Selatan itu tersisa dua bulan lagi. Banyak pendukung Timnas Indonesia mendesak PSSI untuk memperpanjang kontrak sang pelatih.


Dua Syarat Sudah Dipenuhi

Sejak akhir 2023 kemarin, PSSI melalui sang ketua umum, Erick Thohir menyebut bahwa pihaknya siap memperpanjang kontrak Shin Tae-yong. Namun ada dua syarat yang harus dipenuhi sang pelatih.

Yang pertama adalah ia ditarget untuk membawa Timnas Indonesia Senior Lolos ke fase gugur Piala Asia 2023 kemarin. Sementara target kedua adalah membawa timnas Indonesia U-23 lolos ke babak gugur Piala Asia U-23 2024.

Kedua target ini telah dipenuhi oleh Shin Tae-yong. Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dan kalah dari Australia di babak 16 besar, dan Timnas Indonesia U-23 dipastikan lolos ke perempat final Piala Asia U-23.

Shin Tae-yong tetal memenuhi tanggung jawabnya. Jadi kini giliran PSSI yang memenuhi janji untuk memperpanjang kontrak sang pelatih.


Siapkan Kontrak Tiga Tahun

Dalam sesi wawancaranya baru-baru ini, Erick Thohir menegaskan bahwa PSSI sudah menyiapkan draft kontrak untuk Shin Tae-yong.

Ia menyebut bahwa Shin Tae-yong akan diberi kontrak berdurasi tiga tahun. Nantinya ia akan menangani Skuat Garuda hingga tahun 2027.

Shin Tae-yong dikabarkan sudah menyepakati durasi tersebut. Jadi PSSI dan sang pelatih tinggal memfinalisasikan detail-detail kontraknya.




Diberdayakan oleh Blogger.