Header Ads

Berkomentar Pedas Pada Wasit, Bos Liverpool Jurgen Klopp Didakwa Oleh FA

 


LAGU303 - Manajer Liverpool Jurgen Klopp didakwa melakukan tindakan tidak pantas oleh FA gara-gara komentar pedasnya pada wasit Paul Tierney.

Liverpool bermain melawan Tottenham di pekan ke-34 Premier League 2022/2023 di Anfield, Minggu (30/04/2023) dini hari WIB. Duel tersebut berlangsung seru dan menegangkan.

Liverpool sempat unggul 3-0. Akan tetapi Tottenham kemudian bisa menyamakan skor menjadi 3-3 jelang babak kedua berakhir.

Namun secara dramatis, Liverpool bisa mencetak satu gol lagi sebelum laga tuntas. Mereka akhirnya menang dengan skor 4-3.


Komentar Klopp

Usai Liverpool mencetak gol kemenangan melalui Diogo Jota, Jurgen Klopp langsung berselebrasi dengan heboh di hadapan wasit keempat, John Brooks. Akibatnya ia pun diganjar kartu kuning.

Usai pertandingan Klopp mengakui ia seharusnya tak berselebrasi secara berlebihan. Akan tetapi ia menuding wasit Paul Tierney memiliki masalah dengan skuad Liverpool.

"Kami memiliki sejarah kami dengan Paul Tierney, saya benar-benar tidak tahu apa yang ia miliki terhadap kami, ia mengatakan tidak ada masalah tetapi itu tidak mungkin benar," kata Klopp kepada Sky Sports News.

“Selebrasi saya tidak perlu, itu wajar tapi apa yang ia katakan kepada saya ketika ia memberi saya kartu kuning itu tidak baik. Bagaimana ia memandang saya, saya tidak mengerti," akunya.

"Di Inggris tidak ada yang harus mengklarifikasi situasi ini, ini sangat rumit dan sulit untuk dipahami. Bagaimana mereka bisa melakukan pelanggaran terhadap Mohamed Salah [sebelum gol ketiga Spurs]," keluhnya.


Sanggahan PGMOL

Komentar Jurgen Klopp kemudian mendapatkan tanggapan dari PGMOL, badan yang bertanggung jawab untuk perwasitan di sepak bola profesional Inggris. Mereka mengumumkan bahwa mereka telah meninjau rekaman audio percakapan Paul Tierney dengan Klopp dan tidak melihat adanya hal yang salah dalam ucapan sang wasit pada manajer asal Jerman tersebut.

"PGMOL mengetahui komentar yang dibuat oleh Jurgen Klopp setelah pertandingan timnya dengan Tottenham Hotspur," bunyi pernyataan itu, seperti dilansir Sportsmole.

"Ofisial pertandingan di Premier League direkam di semua pertandingan melalui sistem komunikasi dan setelah sepenuhnya meninjau audio wasit Paul Tierney dari pertandingan hari ini, kami dapat mengonfirmasi bahwa ia bertindak secara profesional sepanjang pertandingan, termasuk saat memberikan peringatan kepada manajer Liverpool jadi, oleh karena itu, kami dengan tegas membantah anggapan bahwa tindakan Tierney tidak pantas."


Pernyataan FA

Pihak FA kemudian menggelar investigasi atas komentar Jurgen Klopp pada Paul Tierney itu. Mereka akhirnya mendakwa Klopp dengan perilaku yang tidak pantas, menyiratkan bias dan mempertanyakan integritas wasit.

"Jurgen Klopp dari Liverpool FC telah didakwa setelah pertandingan Premier League mereka melawan Tottenham Hotspur FC pada Minggu 30 April," kata FA dalam sebuah pernyataan.

"Diduga bahwa komentar manajer mengenai ofisial pertandingan selama wawancara media pasca pertandingan merupakan perilaku yang tidak pantas karena menyiratkan bias, dan/atau mempertanyakan integritas wasit, dan/atau bersifat pribadi/ofensif, dan/atau membawa permainan menjadi keburukan. Jurgen Klopp memiliki waktu hingga Jumat 5 Mei untuk memberikan tanggapan."

Sekarang ini belum diketahui sanksi seperti apa yang akan dijatuhkan FA pada Jurgen Klopp. Namun ada klaim bahwa Klopp mungkin bisa dilarang mendampingi Liverpool untuk waktu yang cukup lama.




Diberdayakan oleh Blogger.